Pertumbuhan dan hasil Tiga Kultivar Gerbera (Gerbera jamesonii Bolus ex Hook) Akibat Dosisi Pupuk MPK 12-11-18(S)+TE Oleh : Edy Sofyadi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan dan hasil tiga kultivar gerbera akibat dosis pupuk N
Kategori:Laporan Penelitian
Penulis:Edy Sofyadi
Bidang Ilmu:Pertanian
No./Edisi:0
Vol./Thn.:0
Bulan:0
Tahun:2012
ISSN:0
Abstrak:

Pertumbuhan dan hasil Tiga Kultivar Gerbera (Gerbera jamesonii Bolus ex Hook) Akibat Dosisi Pupuk MPK 12-11-18(S)+TE 

Oleh : Edy Sofyadi 

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan dan hasil tiga kultivar gerbera akibat dosis pupuk NPK 12-11-18(S)+TE. Percobaan dilaksanakan didalam screen House, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Percobaan ini dimulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2011.

            Rancangan lingkungan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok pola factorial dengan dua factor yang diulangi tiga kali. Faktor pertama perlakuan kultivar gerberayang trdiri atas : v1 (kultivar Ornella); v2 (kultivar Sunny boy); dan v3 (kultivar Cinderella). Faktor kedua perlakuan dosis pupuk NPK 12-11-18(S)+TE terdiri atas empat taraf, yaitu : d0 (0 g tan-1); d1 (4 g tan-1); d2 (8 g tan-1) dan d3 (12 g tan-1).

            Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara kultivar gerbera dengan dosis pupuk NPK 12-11-18(S)+TE terhadap luas daun umur 56 HST, diameter mahkota bunga, panjang tangkai bunga, diameter tangkai bunga, serta ketahanan segar bunga (vaselife). Kultivar Cinderella menunjukkan pertumbuhan yang lebih baikdari pada kultivar Ornella dan Sunny boy, sedangkan kultivar Ornella dan Cinderella menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada kultivar Sunny boy. Perlakuan pupuk NPK 12-11-18(S)+TE pada dosisi 8 g tan-1 berpengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil kultivar Ornella, Sunny boy, dan Cinderella.

Kata kunci : kultivar gerbera, NPK 12-11-18(S)+TE, pertumbuhan, hasil bunga

    



© 2017 | Design & Programming by ICT UNIVERSITAS BANDUNG RAYA | Login